Sabtu, 15 September 2012

Panduan Delphi Untuk Pemula

Delphi 7
Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa prosedural artinya bahasa/sintaknya mengikuti urutan tertentu / prosedur. Ada jenis pemrograman non-prosedural seperti pemrograman untuk kecerdasan buatan seperti bahasa Prolog. 

Delphi termasuk Keluarga Visual sekelas Visual Basic, Visual C, artinya perintah-perintah untuk membuat
objek dapat dilakukan secara visual. Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan kedalam Form/Window, lalu tingkah laku objek tersebut saat menerima event/aksi tinggal dibuat
programnya. 

Delphi merupakan bahasa berorentasi objek, artinya nama objek, properti dan methode/procedure dikemas menjadi satu kemasan (encapsulate). Sebelum mempelajari ketiga struktur pemrograman ada baiknya kenali dahulu tampilan IDE, yang merupakan editor dan tools untuk membuat program Delphi. Pada IDE akan ditampilkan Form baru yang merupakan aplikasi/program Window yang akan dibuat.
Aplikasi / program berbasis windows sering disebut dengan jendela (window). Bagaimana membuat
aplikasi berbasis windows (berbasis grafik dan bukan berbasis teks seperti pada DOS)? Caranya
dengan membuat sebuah form. Pada pemrograman berbasis windows, kita akan diperhadapkan pada
satu atau beberapa jendela yang nampak dihadapan kita. 

Jendela ini dalam Delphi disebut juga dengan form. Pada pemrograman berbasis windows, kita akan diperhadapkan pada satu atau beberapa jendela yang nampak dihadapan kita. Jendela ini dalam Delphi disebut juga dengan form.

Untuk lebih lanjut silahkan download free ebook nya.. Selamat Membaca ..

Panduan Delphi Untuk Pemula

1 komentar:

Silahkan berkomentar positif dan jangan pernah malu untuk berkomentar, saya ucapkan terima kasih karena telah berkujung ke blog ini.