Senin, 19 November 2012

Moving Averange

Moving Average merupakan indikator teknikal yang paling luas dan paling umum digunakan oleh investor dan trader diseluruh dunia, karena kemampuannya menghilangkan faktor subjektif dari setiap analis. Jika dalam artian Indonesia Moving Average dapat diartikan sebagai rata-rata rata-rata bergerak. 
Ada 3 varian Moving Averange yaitu 

1. Simple Moving Averange (SMA)

Model MA ini adalah model murni rata-rata pergerakan harga dan merupakan yang paling luas digunakan. Perhitungannya diambil dari penjumlahan dari seluruh data kemudian dibagi dengan jumlah periode yang di observasi.

2. Exponential Moving Averange (EMA)

EMA adalah MA yang berusaha menjawab persoalan antara SMA dan WMA, dengan perhitungan yang lebih rumit diantara ketiganya. Misalnya, untuk membuat EMA 20 hari, maka diperlukan data MA 20 hari terlebih dahulu, baru kemudian data ini dijadikan sebagai titik perhitungan awal, untuk diambil selisih dan pembaginya. Perhitungan EMA, sudah dilakukan otomatis oleh trading platform yang ada. EMA mampu mengenali perubahan tren lebih awal, dibanding SMA, namun memiliki noise yang lebih rendah dibanding WMA.

3. Weighted Moving Averange (WMA) 

Perhitungan WMA diambil berdasarkan pembagian dari jumlah keseluruhan periode. Misalnya, WMA 5 hari, merupakan penjumlahan seluruh data dibagi jumlah periode;1+2+3+4+5=15. Perbedaan dengan SMA terletak pada tingkat sensitivasnya. WMA lebih sensitif dibanding SMA. Sehingga lebih cepat menghasilkan sinyal dibanding SMA, namun memiliki lebih banyak noise.
 
Ketiganya merupakan metode rata-rata bergerak, hanya saja berbeda dalam cara merata-ratakannya.

1 komentar:

  1. dalam trading di OctaFx juga seringnya menggunakan moving average sebagai dasar analisanya, karena kiata akan dengan mudah untuk menentuka analisa dan juga preduksinya dengan nyaman dengan resiko yang masih bisa dikendalikan

    BalasHapus

Silahkan berkomentar positif dan jangan pernah malu untuk berkomentar, saya ucapkan terima kasih karena telah berkujung ke blog ini.